DPD RI Terima Kunjungan Ketua Parlemen Korsel, Ini yang Dibahas

Jumat, 14 September 2018 | 17:55 WIB
Share Tweet Share

Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang (OSO), saat menyambut kedatangan Ketua Parlemen Korea Selatan, Moon Hee Sang. [foto: istimewa]

[JAKARTA, INDONESIAKORAN.COM] Pimpinan DPD RI menerima kunjungan Ketua Parlemen Korea Selatan (Korsel) Moon Hee Sang, di Ruang Delegasi Ketua DPD RI, Jumat (14/9/2018).

Kedatangan Moon Hee Sang disambut baik oleh Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) bersama Pimpinan DPD RI dan BKSP DPD RI. Adapun poin pembahasan pada kesempatan tersebut, yakni mengenai peningkatan kerjasama antara Indonesia dengan Korea Selatan.

Salah satunya adalah terkait investasi di daerah-daerah untuk pembangunan daerah. Hal ini merupakan tindak lanjut atas kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Korea Selatan, guna membahas peningkatan kerjasama ekonomi kedua negara.

Kepada wartawan usai pertemuan tersebut, OSO berharap, ke depan ada kerjasama antar DPD RI dengan Parlemen Korea Selatan terkait investasi untuk pembangunan daerah.

“Presiden kita baru pulang dari sana (Korea Selatan) dan telah menandatangani memorandum of understanding yang meningkatkan hubungan ekonomi untuk tahun 2020 mencapai 30 miliar Dollar. Dan beliau (Moon Hee Sang) datang juga untuk mempertegas dan ingin menjajaki investasi yang dapat menjalar ke daerah-daerah,” beber OSO.

Ia juga berharap, agar ke depan hubungan persahabatan kedua negara semakin erat dan selalu terjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Karena itu, Senator asal Kalimantan Barat ini berpesan agar Korea Selatan dapat memberikan dukungan dalam pertemuan MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki, dan Australia).

“Mengenai MIKTA, kita sangat membutuhkan dukungan. Salah satu agendanya melawan terorisme, kerjasama ekonomi, pengembangan energi, pembangunan berkelanjutan, kesetaraan gender, pemeliharaaan perdamaian, tata kelola pemerintahan yang baik, pelaksanaan demokrasi,” ucapnya.

Sementara Moon Hee Sang, menjelaskan bahwa pertemuannya dengan DPD RI bertujuan untuk membahas peningkatan kerjasama antara kedua negara. Dikatakan, sebagai sesama negara berkekuatan menengah, Indonesia dan Korea Selatan harus selalu mempererat hubungan.

“Kami membicarakan berbagai hal untuk meningkatkan kerjasama, khususnya untuk memberikan dukungan kepada Indonesia dan Korea Selatan sebagai negara kekuatan menengah dan anggota MIKTA. Saya berharap, Indonesia ke depan tetap memegang peranan penting sebagai negara penting di MIKTA dan ASEAN,” harap Moon Hee Sang.

Ia menambahkan, negaranya berkomitmen untuk selalu meningkatkan kerjasama investasi dengan Indonesia. Ke depan, diakuinya terdapat proyek-proyek kerjasama yang akan dilakukan antar kedua negara.

“Dalam dua tahun terkahir ini investasi Korea Selatan ke Indonesia naik 80 persen dan perdagangan mengalami kenaikan 20 persen. Saya mohon dukungan dan perhatian besar dari Ketua DPD dan seluruh jajaran DPD, agar seluruh investasi Korea Selatan dapat berjalan baik dalam lingkungan yang aman dan nyaman di Indonesia," pungkasnya.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar