Ardy Mbalembout: Bubarkan KPK!   

Sabtu, 14 September 2019 | 21:10 WIB
Share Tweet Share

Praktisi Hukum, Ardy Mbalembout

[INDONESIAKORAN.COM, JAKARTA]- Praktisi Hukum, Ardy Mbalembout angkat bicara terkait revisi Undang-Undang (UU) No. 30 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Surat Presiden (Surpres) terkait revisi UU KPK atas inisiatif DPR tersebut. 

Menurut Ardy, gemuruh revisi UU KPK saat ini tidak terlepas dari sikap inkonsistensi pemerintah dan DPR serta KPK itu sendiri sebagai pelaksana UU.  

"Saya tidak pada posisi mendukung atau tidak mendukung. Apa yang terjadi saat ini akibat sikap yang inkosistensi pembuat UU (Pmerintah dan DPR) dan pelaksana UU (KPK). Mau basmi tikus tapi lumbung padinya yang dibakar," ujar Ardy di Jakarta, Sabtu (14/9/2019). 

Menurut Ardy, sejumlah poin yang direvisi atas usulan DPR tidak dilandasi dengan literatur hukum dan filosofis yang kuat. 

"Baca enggak tuh mereka, kenapa KPK dilahirkan? Ya karena dianggap perangkat Hukum saat itu tidak mampu memberantas korupsi maka itu harus ada lembaga extra ordinary (luar biasa) yang diberikan kewenangan untuk membasmi tindakan koruptif," tegasnya. 

Tentunya saat itu kata Ardy yang sekarang ini menjabat Ketua DPD Kongres Advokat Indonesia (KAI) DKI Jakarta ini saat dibuatnya UU KPK melewati perdebatan yang panjang dari segala aspek. Ardy pun sangsikan keraguan DPR dan pemerintah terkait kinerja KPK. 

"Menurut saya, bukan revisi jalan keluar nya!!! tapi BUBARKAN KPK dan kembalikan fungsi-fungsi penindakan hukum kepada kepolisian dan kejaksaan," tegasnya. 

Editor: Odorikus


Berita Terkait

Hukum

Demokrat Akan Banding ke DPN Peradi

Jumat, 04 Mei 2018

Komentar