Berantas Narkoba di Bali, Togar: Perlu "People Power"

Kamis, 27 Juni 2019 | 20:27 WIB
Share Tweet Share

Togar Situmorang. [foto: istimewa]

[DENPASAR, INDONESIAKORAN.COM] Peredaran narkoba di Bali sudah sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, barang haram itu bahkan sudah merambah hingga ke pelosok desa di Pulau Dewata.

Mencermati hal tersebut, pegiat anti narkoba Dr (C) Togar Situmorang, SH, MH, MAP, berharap agar upaya pemberantasan narkoba di Bali tak lagi dilakukan dengan cara biasa. Harus ada upaya luar biasa (extra ordinary effort) untuk memberantas narkoba di tujuan wisata internasional itu.

"Perlu 'people power' untuk menghapus peredaran narkoba di Pulau Dewata. Harus ada upaya luar biasa untuk mencegah kejahatan luar biasa ini," ujar Togar, saat ditemui di Law Firm Togar Situmorang & Associates Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Denpasar, Kamis (27/6/2019).

Togar yang juga advokat senior ini menegaskan hal tersebut terkait peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2109. Seperti diketahui, setiap tanggal 26 Juni diperingati sebagai HANI yang merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

HANI juga merupakan gerakan perlawanan terhadap bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial ekonomi, serta keamanan dan kedamaian dunia.

"HANI tahun ini harus menjadi refleksi kita untuk semakin meneguhkan komitmen menyatakan perang terhadap narkoba. Narkoba adalah musuh bersama segenap elemen bangsa," tandas mantan Pembina Gerakan Nasional Anti Narkoba (GANAS) Provinsi Bali itu.

Dewan Pakar Forum Bela Negara Provinsi Bali ini menambahkan, harus ada semacam "people power" atau gerakan seluruh elemen masyarakat yang bersatu dalam satu visi - misi untuk memerangi narkoba di Bali ini. Hal tersebut penting untuk menyelamatkan generasi emas bangsa dari bahaya narkoba.

"Tidak cukup hanya BNN (Badan Narkotika Nasional), kepolisian atau aparat penegak hukum lain. Seluruh elemen masyarakat harus bersatu memerangi peredaran narkoba," kata Managing Partner Law Office Togar Situmorang & Associates yang beralamat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon dan juga rekanan OTO 27 yaitu bisnis usaha yang bergerak di bidang Insurance AIA, property penjualan villa, Showroom Mobil, Showroom Motor Harley Davidson, food court dan juga barber shop yang beralamat di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Denpasar itu.

Togar berpandangan, gerakan "people power" memerangi narkoba ini sangat penting sebab peredaran narkoba sudah dianggap bukan kejahatan biasa tapi kejahatan luar biasa (extra ordinary crime).

"Maka kita sepakat dan dukung Bapak Kapolda Bali untuk mewujudkan Bali Zero Narkoba," tegas Togar, yang dijuluki Panglima Hukum serta sukses meraih sederet penghargaan seperti terdaftar dalam Indonesia 50 Best Lawyer Award 2019, Best Winners – Indonesia Business Development Award dan masuk daftar 100 Advokat Hebat versi Majalah Property&Bank itu.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar