Jadi Menkominfo, Ini Profil Johnny Plate

Rabu, 23 Oktober 2019 | 15:29 WIB
Share Tweet Share

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny Gerard Plate (tengah). [foto: istimewa]

[JAKARTA, INDONESIAKORAN.COM] Sekjend DPP Partai NasDem Johnny Gerard Plate menjadi satu dari tiga kader Partai NasDem yang masuk Kabinet Indonesia Maju. Johnny Plate dipercayakan oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI periode 2019-2024.

Dua nama lainnya adalah Syahrul Yasin Limpo yang menjadi Menteri Pertanian serta Siti Nurbaya Bakar yang kembali didaulat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Johnny Plate lahir di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), 10 September 1956. Pada Pemilu Legislatif 2014, ia tampil sebagai calon anggota DPR RI Dapil NTT 1 dari Partai NasDem dan berhasil lolos ke Senayan.

Johnny Plate duduk di Komisi IX DPR RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan nasional, perbankan, dan lembaga keuangan bukan bank, untuk periode 2014-2019.

Selanjutnya pada tahun 2017, Johnny Plate dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjend) Partai NasDem hingga saat ini. Ia bahkan ditugaskan sebagai Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI, menggantikan Viktor Bungtilu Laiskodat yang maju sebagai calon gubernur NTT pada Pilkada 2018.

Selanjutnya pada Pemilu Legislatif 2019, ia kembali terpilih sebagai wakil rakyat di Senayan dari Dapil yang sama, untuk periode 2019-2024. Johnny Plate bahkan dipercaya sebagai Ketua Fraksi Partai NasDem MPR RI periode 2019-2024.

Namun belum genap sebulan menjadi wakil rakyat di Senayan pada periode kedua, Johnny Plate akhirnya 'berpindah kantor' karena ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menkominfo. Ia dilantik bersama 37 menteri dan pejabat setingkat menteri oleh Presiden Jokowi, Rabu (23/10/2019).

Sebelum berkecimpung di dunia politik, Johnny Plate lebih dikenal sebagai pengusaha. Ia memulai bisnisnya pada awal tahun 1980-an di bidang alat-alat  perkebunan. Saat itu sedang marak pembukaan perkebunan di Kalimantan dan Papua.

Sukses di alat pertanian, lulusan S1 Universitas Katolik Atma Jaya ini bersama koleganya memperluas  bisnis ke dunia transportasi penerbangan. Setelah sukses di dunia bisnis, mantan aktivis Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) ini kemudian tertarik ke panggung politik.

Ayah tiga anak ini memulai kiprah politiknya dengan mendirikan Partai Kasih Demokrasi Indonesia (PKDI) pada tahun 2008. Ia sempat dipercaya sebagai Ketua Mahkamah PKDI hingga 2013. Sejak 2014, Johnny Plate hijrah ke Partai NasDem hingga saat ini.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar