Panen Penghargaan, Togar: Advokat Itu Profesi Terhormat

Sabtu, 25 Mei 2019 | 09:06 WIB
Share Tweet Share

Togar Situmorang saat menerima penghargaan dalam

[DENPASAR, INDONESIAKORAN.COM] Nama advokat senior Togar Situmorang, SH, MH, MAP, terus melambung. Berbagai penghargaan diraih advokat asal Sumatera Utara yang saat ini sedang menyelesaikan Program S3 Ilmu Hukum di Universitas Udayana Bali itu.

Yang paling anyar, Togar mendapatkan penghargaan dalam "Awarding Ceremony Best Winner Indonesia Business Development Award, Best Winner Indonesia Education Of Quality Award, & Best Winner Indonesia Leaders Excellent Award".

Managing Partner Law Office Togar Situmorang & Associates yang beralamat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon dan juga rekanan OTO 27 yaitu bisnis usaha yang bergerak di bidang Insurance AIA, property penjualan villa, Showroom Mobil, Showroom Motor Harley Davidson, food court dan juga barber shop yang beralamat di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Denpasar itu, menerima penghargaan tersebut di Ballroom Santika Premier Hotel Semarang, Jumat (24/5/2019).

Terhadap penghargaan ini, Togar secara khusus mengucapkan terima kasih kepada orangtua dan keluarga yang selalu mendukung dan mendoakan hal-hal terbaik untuk dirinya.

Togar yang juga pengamat kebijakan publik ini, tak lupa berpesan kepada asosiasi di kantor hukumnya agar bisa menjadi seorang advokat yang mampu menegakkan aturan dan memiliki moral, sekaligus mendidik masyarakat untuk berbudaya sadar dan taat hukum.

“Karena seorang advokat, jika ilmunya baik, moralnya baik, maka sempurnalah tindakannya,” ujar Togar, yang juga Dewan Penasehat Forum Bela Negara Provinsi Bali itu.

“Advokat itu officium nobile, profesi yang terhormat. Hargai profesimu sebagai advokat, jangan rendahkan dengan perlakuan-perlakuan yang memalukan,” imbuh Ketua POSSI Kota Denpasar ini.

Ia menambahkan, jika advokat tidak memiliki integritas keilmuan dan moral, maka tindakannya cenderung memalukan juga mencelakakan orang.

Togar sendiri, walau terus panen penghargaan, tidak cepat merasa puas diri. Ia terus fokus dalam meraih bintang.

"Tetap fokus meraih bintang, jangan pernah menyerah, putus asa, atau apapun yang membuat kita lemah. Tetap percaya, ada mukjizat Tuhan bagi kita yang percaya dan setia,” tandasnya.

Seperti diketahui, ini merupakan penghargaan kesekian yang diraih Togar. Sebelumnya, Togar juga mendapatkan penghargaan sebagai 100 Advokat Hebat versi Majalah Property&Bank, penghargaan Indonesia 50 Best Lawyer Award 2019, hingga Best Winners - Indonesia Business Development Award.

Capaian Togar ini, tidak diraih dengan mudah. Ia pernah mengalami jatuh bangun sebelum sampai pada level saat ini.

Togar lahir di Jakarta, 18 Agustus 1966. Sebagai pria berdarah Sumatera Utara, tentu Togar memiliki nyali tinggi untuk menaklukkan kerasnya perjuangan di ibu kota. Maka tidak salah, jika ia pernah menjadi Direktur Utama Rekanan Pertamina dan owner perusahaan penyaluran khusus TKI Jepang, Labour Suppliers.

Meski begitu, Togar ternyata tak bisa berbuat banyak untuk bisa bertahan di Jakarta. Sekitar tahun 2000, Togar memutuskan hijrah ke Bali, hanya dengan modal Rp175 ribu.

Menariknya, Pulau Dewata ternyata banyak bertuah bagi pria yang belakangan dikenal sebagai Panglima Hukum itu. Ia bahkan mampu menyelesaikan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Pendidikan Nasional dan meraih gelar Sarjana Hukum.

Bukan itu saja, Togar kemudian menyelesaikan Magister Hukum di Fakultas Hukum UKI Jakarta. Belum puas dengan itu, Togar juga menyelesaikan MAP di Universitas Pendidikan Nasional Denpasar. Kini, Togar bahkan sedang Menyelesaikan S3 Ilmu Hukum Universitas Udayana.

Togar yang pertama kali beracara sekitar tahun 2013 dalam Gugatan Intervensi di PN Tangerang, juga merupakan Mediator bersertifikat MA dari Universitas Warmadewa Denpasar dan Pajak Bravet A dan B dari Universitas Warmadewa Denpasar. Sejak saat itu hingga kini, karir pengacara satu ini terus meroket.

Buktinya, Togar tercatat sebagai salah satu advokat yang paling "dicari" oleh mereka yang ingin mendapatkan keadilan, tidak saja di Bali namun juga di sejumlah daerah di Indonesia. Ia bahkan dipercaya sebagai salah satu tim hukum pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Bali 2013, serta Ketua Tim Hukum dan Advokasi pasangan calon gubernur - wakil gubernur dalam Pilgub Bali 2018.

Tak hanya panen kepercayaan sebagai advokat, Togar juga banyak dipercaya untuk duduk di beberapa posisi strategis organisasi atau asosiasi di Bali.

Togar misalnya pernah menjadi Ketua Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi RI Provinsi Bali, pernah duduk sebagai Dewan Penasehat Gerakan Anti Narkoba Nasional Provinsi Bali, pernah menjadi Wakil Ketua Umum ASPEKINDO Provinsi Bali, pernah menjadi owner Developer Villa dan Perumahan di Bali.

Adapun saat ini, Togar menjabat sebagai Dewan Penasehat Forum Bela Negara Provinsi Bali, Dewan Penasehat Asosiasi Driver Online Provinsi Bali, dan Ketua Persatuan Olahraga Selam Indonesia (POSSI) Kota Denpasar.

IMG_20190525_100934

Riwayat Singkat
Nama: Togar Situmorang, SH, MH, MAP
Lahir: Jakarta, 18 Agustus 1966
Pendidikan:
1. S1 Fakultas Hukum Undiknas
2. S2 Fakultas Hukum UKI Jakarta
3. S2 MAP Undiknas
4. Sedang Menyelesaikan S3 Ilmu Hukum Universitas Udayana
Pertama Kali Beracara:
Gugatan Intervensi di PN Tangerang (2013)
Penghargaan:
1. 100 Advokat Hebat versi Majalah Property&Bank
2. Indonesia 50 Best Lawyer Award 2019
3. Best Winners - Indonesia Business Development Award.
4. Best Winner Indonesia Business Development Award, Best Winner Indonesia Education Of Quality Award, & Best Winner Indonesia Leaders Excellent Award.
Organisasi:
1. Ketua Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi RI Provinsi Bali
2. Dewan Penasehat Gerakan Anti Narkoba Nasional Provinsi Bali
3. Wakil Ketua Umum ASPEKINDO Provinsi Bali
4. Dewan Penasehat Forum Bela Negara Provinsi Bali
5. Dewan Penasehat Asosiasi Driver Online Provinsi Bali.
6. Ketua Persatuan Olahraga Selam Indonesia Provinsi Bali.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar