Puluhan Tahun Jadi Dokter, Eka Dharmadi Terpanggil Jadi Legislator

Jumat, 08 Maret 2019 | 13:50 WIB
Share Tweet Share

Dr I Wayan Eka Dharmadi, MM. [foto: indonesiakoran.com/ san edison]

[DENPASAR, INDONESIAKORAN.COM] Nama I Wayan Eka Dharmadi, dipercaya Partai NasDem untuk tampil sebagai calon anggota DPRD Provinsi Bali nomor urut 5 Dapil Gianyar, pada Pemilu Legislatif (Pileg) 17 April mendatang.

Eka Dharmadi merupakan salah satu pendatang baru di panggung politik Bali umumnya dan Gianyar khususnya. Namun urusan melayani masyarakat, pria kelahiran 28 Februari 1954 ini sudah tak perlu diragukan lagi, khusus dalam urusan kesehatan.

Maklum, selama puluhan tahun sebelumnya, Eka Dharmadi mengabdi sebagai dokter. Bahkan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana ini, cukup lama bertugas di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di Tanah Sasando itu, Eka Dharmadi memulai tugasnya di salah satu Puskesmas di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), salah satu daerah yang berbatasan dengan Timor Leste. Selanjutnya, Eka Dharmadi dipercaya menjadi Direktur RSUD Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, NTT.

Karena prestasinya, lulusan Magister Manajemen Jurusan Sektor Pelayanan Publik Universitas Udayana ini kemudian dipercaya menjadi Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Provinsi NTT.

Setelah merasa cukup lama mengabdi di NTT, Eka Dharmadi akhirnya "pulang kampung" ke Gianyar, Bali. Di tanah kelahirannya, Eka Dharmadi dipercaya sebagai Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar.

Selanjutnya, Eka Dharmadi duduk menjadi Wakil Direktur Penunjang Medis RSUD Sanjiwani Gianyar, sebelum akhirnya menempati kursi Direktur RSUD Sanjiwani Gianyar. Ia juga dipercaya sebagai Ketua IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Gianyar selama dua periode (2005-2013).

Selama bertahun - tahun melayani masyarakat dalam bidang kesehatan, Eka Dharmadi melihat ada cukup banyak persoalan di bidang kesehatan yang perlu mendapat perhatian serius. Ia berpandangan, persoalan - persoalan tersebut bisa dijawab, hanya melalui regulasi.

Itu sebabnya, Eka Dharmadi memilih terjun ke panggung politik, dan tampil sebagai calon anggota legislatif. Ia pun memilih Partai NasDem sebagai kendaraan politiknya, untuk bisa menjadi legislator.

"Saya melihat, visi dan misi Partai NasDem sangat cocok dengan semangat saya. Partai NasDem melihat ada permasalahan nasional, yang perlu segera kita perbaiki, sehingga mengusung restorasi Indonesia. Saya berpandangan, ini sesuatu yang luar biasa," ucapnya, saat tampil di acara Pojok Keren "Ngobrol Santai Ala NasDem" di Kantor DPW Partai NasDem Provinsi Bali belum lama ini.

Dikatakan, bersama permasalahan nasional yang kompleks belakangan ini, masih banyak persoalan di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan sosial di daerah yang perlu diperbaiki.

"Karena itu, saya terpanggil untuk menjadi legislator. Saya ingin dalam menghadapi era digital ke depan, sumber daya manusia masyarakat kita jauh lebih siap. Hal terpenting dari itu adalah peningkatan kesehatan masyarakat," ucapnya.

Bagi Eka Dharmadi, ada banyak penyakit, terutama non infeksi, yang menghambat masyarakat belakangan ini. Kondisi ini perlu segera diperbaiki, dan hal tersebut membutuhkan regulasi yang ideal.

"Kalau regulasi itu sudah ada, tentu bisa memperbaiki kualitas hidup masyarakat. Penting juga regulasi terkait pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah, begitu juga perbaikan gizi bagi balita dan anak muda. Jika kualitas kesehatan masyarakat, khususnya generasi muda semakin baik, maka mereka lebih bagus dan siap sebagai sumber daya manusia yang handal dan siap bersaing," pungkas Eka Dharmadi.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar