Sunarta, Caleg Muda dengan Segudang Mimpi Membangun Gianyar

Senin, 25 Februari 2019 | 18:03 WIB
Share Tweet Share

I Wayan Sunarta. [foto: istimewa]

[DENPASAR, INDONESIAKORAN.COM] I Wayan Sunarta, pernah mencoba untuk bergabung dengan beberapa partai politik di Bali. Hanya saja, pria kelahiran 5 Juni 1980 itu seperti belum menemukan tempat berlabuh yang tepat.

Sampai akhirnya dalam proses pencarian tersebut, Sunarta pada beberapa kesempatan mendengar pidato Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Ia kemudian tertarik dengan sosok kenegarawanan Surya Paloh. Begitu pula dengan tawaran visi besar yang diusung oleh Partai NasDem, yakni restorasi Indonesia.

Singkat cerita, pemuda lulusan D1 Pariwisata Mapindo ini kemudian memberanikan diri bertandang ke Kantor DPW Partai NasDem Provinsi Bali di Jalan Batanghari Denpasar. Di sana, ia kebetulan bertemu langsung dengan Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa, dan langsung diarahkan untuk bertemu dengan pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Gianyar.

"Jadi prosesnya sangat cepat, mudah, sampai kemudian saya bergabung dengan Partai NasDem. Padahal semula saya sempat berpikir, menjadi kader partai politik itu sedikit rumit," tutur Sunarta, kepada indonesiakoran.com di Denpasar, Senin (25/2/2019).

Screenshot_2019-02-25-19-01-10_com.outthinking.collagelayout_1551092563671

I Wayan Sunarta (kanan) bersama Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa (tengah) dan Bendahara IGN Bagus Eka Subhagiarta (kiri), dalam sebuah kesempatan. [foto: istimewa]

Setelah berproses, Sunarta beruntung karena ketika dilakukan peremajaan struktur organisasi di internal partai, ia dipercaya menjadi Bendahara DPC Partai NasDem Kecamatan Blahbatuh. Menariknya, hanya tiga bulan di posisi tersebut, Sunarta kemudian didaulat menjadi Ketua DPC Partai NasDem Kecamatan Blahbatuh hingga saat ini.

Pada Pileg 2019, Sunarta bahkan dipercayakan oleh partai untuk tampil sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Gianyar nomor urut 4 Dapil Blahbatuh - Tampak Siring. Amanah ini pun tak mau dilewatkan begitu saja oleh Sunarta, apalagi dirinya sebagai pendatang baru di panggung politik.

"Saya berusaha semampu saya menyosialisasikan diri, dan meyakinkan masyarakat di daerah pemilihan agar mereka memberikan saya kepercayaan untuk duduk sebagai wakil rakyat," ujar Sunarta, yang juga alumni SMK Saraswati Gianyar.

Lalu, apa yang menjadi prioritas pemuda asal Banjar Gelgel, Desa Keramas, Blahbatuh, Gianyar jika kelak dipercaya masyarakat untuk duduk sebagai legislator?

Ditanya demikian, Sunarta mengatakan, peran wakil rakyat adalah menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat dengan memaksimalkan fungsi dewan, baik dalam hal budgeting, legislasi maupun pengawasan atau kontrol. Selain itu, dirinya memiliki cukup banyak mimpi dalam membangun Gianyar, dan berharap hal tersebut bisa diwujudkan saat duduk sebagai legislator.

"Salah satu persoalan serius yang dihadapi oleh masyarakat di sejumlah desa di Gianyar adalah terkait air minum bersih. Mereka membayar mahal, tetapi mereka mendapatkan air Senin - Kamis," paparnya.

Bagi Sunarta, hal ini harus secara serius diperjuangkan ke depan. Minimal, persoalan tersebut tidak berlarut - larut. Harus segera mendapatkan solusi dari eksekutif dan legislatif.

"Harus ada solusi. Masyarakat harus bisa menikmati air minum bersih dengan biaya murah, bila perlu gratis. Apalagi ada banyak sumber air. Tinggal bagaimana itu dikelola, supaya masyarakat tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih," tegas Sunarta.

Hal lain yang menjadi prioritasnya adalah, membantu masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi. Sebab faktanya, banyak masyarakat yang belum tersentuh bantuan. Padahal, mereka sangat membutuhkan hal tersebut.

"Ada bantuan pemerintah, tapi masih berputar pada pembangunan infrastruktur seperti wantilan. Belum menyentuh langsung masyarakat yang kurang mampu. Saya punya mimpi, bagaimana caranya agar anak - anak yatim piatu bisa saya perjuangkan nasibnya. Sebab banyak kasus, bantuan untuk mereka sudah diajukan ke desa bahkan dinas sosial, tetapi hasilnya nihil," jelas Sunarta.

Ia menambahkan, ada banyak hal yang ingin dilakukannya ke depan untuk Gianyar. Apalagi Gianyar tercatat sebagai salah satu destinasi wisata di Bali, dengan keunggulan seninya.

"Banyak hal ingin saya perjuangkan. Karena itu saya memohon doa restu, agar mendapat kesempatan untuk melayani masyarakat Gianyar," pungkas Sunarta.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar