Selly Mantra: Perempuan Tak Hanya Tangguh di Urusan "Domestik"

Selasa, 20 Maret 2018 | 19:27 WIB
Share Tweet Share

IA Selly Dharmawijaya Mantra. [foto: istimewa]

[DENPASAR] IA Selly Dharmawijaya Mantra, memiliki perhatian yang cukup besar bagi kaum perempuan. Ia membuktikan hal tersebut, selama duduk sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar.

Bagi Selly Mantra, perempuan sesungguhnya memiliki peran yang sangat luar biasa. Mereka tidak saja tangguh dalam mengurus hal-hal 'domestik' (urusan rumah tangga), namun juga bisa diandalkan dalam menggerakkan perekonomian keluarga.

"Seiring perkembangan zaman, perempuan tidak tangguh dalam mengurus rumah tangga. Mereka juga luar biasa dalam urusan ekonomi keluarga," kata Selly Mantra, kepada wartawan di Denpasar, Senin (20/3/2018).

Istri Calon Gubernur Bali Nomor Urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra ini pun bermimpi, bahwa ke depan perempuan di Bali yang selama ini hanya fokus menangani urusan domestik, bisa diberdayakan untuk bekerjasama dengan suami dalam menghidupi keluarga.

"Ke depan kita upayakan mereka juga bisa menghasilkan, tanpa meninggalkan tugas dan kewajiban utama di rumah," ucapnya.

Ia menyebut, perempuan saat ini rata-rata kreatif, bahkan bisa jauh lebih mandiri. Meski begitu, masih ada yang hanya fokus mengurus rumah tangga, padahal mereka memiliki kemampuan dan kapasitas yang lebih.

"Ke depan, kita ingin perempuan bisa diperkuat dalam hal ekonomi. Mereka bisa diandalkan," tegas Selly Mantra.

Ia berkeinginan, apa yang selama ini telah dilakukan Tim Penggerak PKK di Kota Denpasar, dapat ditularkan ke seluruh daerah di Bali.

"Di Kota Denpasar, kita punya program UP2K, di mana kita memberikan modal kepada kelompok yang memiliki keterampilan khusus," urainya.

Tak hanya diberikan modal, mereka juga dibekali pelatihan. Di bidang kuliner misalnya, mereka diberikan pelatihan seputar pembuatan coklat, kue, jajan basah, dan lainnya. Selanjutnya, mereka diberikan modal untuk memulai usahanya.

"Ini bisa diterapkan di seluruh Bali. Walaupun mereka berdiam diri di rumah, tetapi mereka bisa menghasilkan. Dengan begitu, perekonomian keluarga bahkan lingkungan bisa terus bergerak," pungkas Selly Mantra.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar