Koperasi Pariwisata Lokomotif Ekonomi di Lokasi Destinasi Wisata

Rabu, 18 Desember 2019 | 11:46 WIB
Share Tweet Share

Ketua KoparRi Pusat Yosef Tor Tulis saat acara Deklarasi KoparRi di Lampung (16/12)

[LAMPUNG, INDONESIAKORAN.COM] Ketua KoparRi Pusat Yosef Tor Tulis menjelaskan KoparRi adalah gerakan ekonomi rakyat dengan destinasi wisata sebagai simpul. KoparRi tak hanya menggerakan tetapi sekaligus menjadi lokomotif yang menarik usaha ekonomi masyarakat dan UMKM di dalam  maupun di sekitar lokasi destinasi. Hal ini dikatakan Yosef Tor Tulis saat acara Deklarasi KoparRi di Lampung (16/12).

“Gerakan KoparRi akan mendukung salah satu program strategis Dekopin mengembangkan koperasi sektor real di setiap destinasi wisata di Indonesia,” ujar Yosef Tor Tulis yang juga salah seorang Pimpinan Paripurna Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Koperasi Pariwisata Republik Indonesia (KoparRi) mendeklarasikan kehadirannya di Provinsi Lampung. Hal itu ditandai oleh acara Deklarasi KoparRi di Taman Wisata Muara Indah Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Kehadiran KoparRi di Lampung mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Lampung maupun Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Acara deklarasi dihadiri perwakilan destinasi dan gerakan koperasi dari 13 kabupaten dan dua kota di Lampung. Hadir pula puluhan UMKM yang selama ini ikut memenuhi kebutuhan destinasi wisata. Mereka diundang untuk memamerkan produk mereka di arena deklarasi. Hadir dalam acara Deklarasi ini Ketua KoparRi Yosef Tor Tulis, Ketua KoparRi Cabang Lampung Armi Basuni, dan sekitar 40 anggota pendiri KoparRi Cabang Lampung.

Pemerintah Kabupaten Tanggamus memberikan dukungan penuh atas kehadiran dan peran serta KoparRi dalam upaya pemberdayaan UMKM dan masyarakat di destinasi wisata maupun di sekitarnya. Selain Bupati Dewi Handajani dan Wakil Bupati AM Syafi’i dan jajarannya, hadir pula anggota DPRD Hajin M. Umar dan beberapa perwakilan Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

“Kami sangat mengapreasi dan menyambut baik Deklarasi KoparRi Cabang Lampung ini. Semoga KoparRi bisa memberdayakan UMKM sekaligus menjadi jembatan perantara antara usaha masyarakat dan UMKM anggota dengan pasar destinasi seperti hotel, restoran, kafe, minimarket, dan lain-lain,” ujar Bupati Tanggamus Dewi Handajani dalam sambutannya, Senin, 16 Desmeber 2019.

IMG-20191218-WA0004Kehadiran KoparRi di Lampung mendapat apresiasi dari Pemerintah provinsi Lampung maupun Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Pemerintah Provinsi Lampung diwakili Kepada Dinas Koperasi Agus Napitu menyampaikan penghargaan atas gagasan dan gerakan KoparRi untuk memberdayakan masyarakat di daerah wisata maupun di sekitarnya.

“Lampung ini sangat kaya dengan destinasi wisata, bukan hanya berskala nasional, tetapi juga internasional. Kami siap bersinergi dengan koparRi dalam usaha-usaha meningkatkan kapasitas usaha masyarakat di dalam maupun di luar destinasi wisata maupun di luar destinasi seperti petani, peternak, petambak, pengrajin, dan nelayan yang memasok kebutuhan daerah wisata,” ujar Agus Napitu. 

Ketua KoparRi Lampung Armi Basuni menjelaskan Tanggamus dipilih menjadi lokasi deklarasi karena memiliki beragam destinasi wisata menarik.

“Gagasan, visi, dan misi KoparRi telah menggerakkan banyak pihak di Lampung. Mereka menaruh harapan pada KoparRi sebagai salah satu wadah dan alat untuk menggerakan ekonomi masyarakat bawah di daerah-daerah dan sekitar daerah wisata,” ujar Armi Basuni.

Berpusat di Jakarta, KoparRi Lampung adalah cabang yang kedua setelah KoparRi Komodo yang dideklarasikan pada 21 Oktober 2019. 

Editor: Elnoy


Berita Terkait

Ekonomi

Dinas Koperasi Bubarkan 517 Koperasi di Bali

Senin, 05 Juni 2017
Ekonomi

Warga Kota Bima Tak Mau Jadi TKI   

Kamis, 29 Juni 2017

Komentar