Menteri BUMN Resmikan Lima PLTS di NTT

Minggu, 06 Oktober 2019 | 21:07 WIB
Share Tweet Share

Menteri BUMN RI Rini M Soemarno menandatangani prasasti peresmian lima PLTS di Provinsi NTT. [foto: indonesiakoran.com/itho umar]

[LABUAN BAJO, INDONESIAKORAN.COM] Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Rini M Soemarno , meresmikan lima Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (6/10/2019). Acara peresmian dilakukan secara simbolis di Pulau Messah, Desa Pasir Putih, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat.

Dari lima PLTS yang diresmikan Rini Soemarno ini, tiga di antaranya berlokasi di Kabupaten Manggarai Barat. Rinciannya di Pulau Messah, Desa Pasir Putih dengan jumlah pelanggan sebanyak 473, Desa Seraya Maranu dengan 150 calon pelanggan, serta Desa Batu Tiga dengan 144 calon pelanggan.

Adapun sisanya dua PLTS lagi, masing-masing berlokasi di Desa Nuca Molas, Kabupaten Manggarai, dengan 273 pelanggan serta Desa Usulanu, Kabupaten Rote Ndao dengan 74 calon pelanggan.

"Jadi keseluruhan untuk lima lokasi PLTS tersebut sebanyak 1.114 pelanggan," jelas Rini Soemarno, kepada wartawan di sela-sela peresmian PLTS tersebut.

IMG_20191006_220704

Ia menambahkan, secara umum PLN telah membangun 11 PLTS di Provinsi NTT. Masih ada 15 pulau lagi yang belum mendapat listrik, yang ditargetkan dapat diselesaikan hingga akhir tahun 2019 ini.

Menurut Rini Soemarno, adanya listrik ini bisa membantu masyarakat untuk menjalankan usaha - usaha yang bisa menyejahterakan masyarakat itu sendiri. Begitu pula masyarakat di Pulau Messah, yang selama ini menggunakan mesin diesel untuk memenuhi kebutuhan akan listrik.

"Kalau pakai diesel itu cost - nya sehari bisa 12 ribu rupiah, yang artinya 1 bulan bisa mencapai 360 ribu rupiah. Sedangkan kalau pakai tenaga surya, hanya 30-40 ribu rupiah perbulan. Insya Allah, dengan demikian masyarakat bisa nabung, malahan bisa usaha yang akan menyejahterahkan masyarakat Pulau Messah," ujarnya.

Dalam peresmian tersebut, Menteri BUMN didampingi oleh Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani, Direktur Regional JBTBN (Jawa Bagian Timur Bali dan Nusa Tenggara) Supangkat Iwan, Komisaris Utama PLN Ilya Avianti, Sekda Provinsi NTT Benediktus Polo Maing, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula, serta pejabat lainnya.

Reporter: Itho Umar
Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar