Taklukkan Belanda, Portugal Juara UEFA Nations League

Senin, 10 Juni 2019 | 15:31 WIB
Share Tweet Share

Cristiano Ronaldo dkk merayakan kemenangan usai menaklukkan Belanda 1-0 pada final UEFA Nations League. [foto: net]

[JAKARTA, INDONESIAKORAN.COM] Portugal akhirnya tampil sebagai juara UEFA Nations League seusai menaklukkan Belanda dengan skor tipis 1-0, di laga final yang berlangsung di Stadion do Dragao, Porto, Senin (10/6/2019) dini hari WIB.

Satu-satunya gol yang mengantarkan Portugal sebagai juara pada laga tersebut dicetak oleh Goncalo Guedes, pada menit 60.

Seperti disaksikan, tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Cristiano Ronaldo dkk mendominasi pertandingan pada babak pertama. Beruntung, Belanda memiliki Jasper Cillessen di bawah mistar gawang. Kiper cadangan Barcelona itu beberapa kali menggagalkan peluang Cristiano Ronaldo dkk.

Portugal sesungguhnya mendapatkan peluang untuk memperoleh penalti di awal laga, setelah Bernardo Silva dijatuhkan Virgil van Dijk di kotak terlarang. Namun, wasit Alberto Undiano Mallenco asal Spanyol menilai tak ada pelanggaran.

Pada menit 11, Bruno Fernandes melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang masih mengarah tepat ke Cillessen. Portugal kembali mendapat peluang pada menit ke-28. Mendapatkan sepak pojok, Jose Fonte melepaskan sundulan, tetapi masih mampu ditangkap Cillessen.

Pada menit 29 dan 30, Cillessen kembali menggagalkan dua peluang Portugal yang diperoleh Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo. Cillessen bahkan lagi-lagi menggagalkan peluang Cristiano Ronaldo empat menit jelang jeda.

Memasuki babak kedua, gol yang ditunggu-tunggu publik tuan rumah akhirnya datang pada menit 60. Memanfaatkan umpan Bernardo Silva, Goncalo Guedes berhasil mencetak gol yang membawa Portugal unggul.

Tertinggal satu gol, Belanda coba membalas. Pada menit 66, Memphis Depay mendapat kesempatan untuk mencetak gol. Sayang, sundulannya masih bisa dipatahkan Rui Patricio.

Belanda bahkan lebih banyak menguasai bola di waktu tersisa. Berbagai peluang sempat diciptakan Memphis Depay dkk. Namun, tak ada satu pun yang berbuah gol. Skor 1-0 untuk Portugal bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar