Prancis Usir Belgia Dari Piala Dunia 2018 Dengan Skor 1:0

Rabu, 11 Juli 2018 | 08:20 WIB
Share Tweet Share

Umtiti [Pemain Prancis] saat mencetak gol ke gawang Belgia

[RUSIA] Prancis akhirnya berhasil melaju dengan lenggang ke partai puncak Piala Dunia 2018 usai menumbangkan Belgia dengan skor 1-0 dalam laga semifinal yang digelar di Saint-Petersburg Stadium, Rabu (11/7) dini hari WIB.

Belgia merupakan salah satu Tim Piala Dunia 2018 yang digadang-gadang bakal menjegal Prancis dengan record tak terkalahkan sejak penyisihan group.
Akan tetapi nasib keberuntungan berkata lain, justru Prancis yang mencatatkan lebih dulu dipapan skor 1-0 untuk Prancis pada babak kedua hingga wasit meniupkan pluitnya diakhir pertandingan.
Kemenangan Les Bleus diraih berkat gol tunggal yang dicetak bek Samuel Umtiti di awal babak kedua.

Jalannya pertandingan

Prancis menguasai jalannya pertandingan di menit-menit awal, namun Belgia berbalik mendominasi penguasaan bola dalam 20 menit pertama laga.

Belgia mendapatkan peluang emas untuk memimpin di menit ke-21. Sayang tembakan voli yang dilepas Toby Alderweireld dari luar kotak penalti masih bisa ditepis Hugo Lloris.

Memasuki menit ke-34, Prancis bergantian mendapat kesempatan untuk membuka skor. namun kesempatan emas Olivier Giroud tak mampu menyambut dengan sempurna umpan manis dari Kylian Mbappe. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Usai dari kamar ganti, laga masih berlangsung cukup ketat sebelum akhirnya Umtiti sukses membuat Prancis memecah kebuntuan lewat golnya di menit ke-51.

Gol Prancis berawal dari skema sepak pojok, Umtiti sukses memenangi duel udara dengan Marouane Fellaini untuk menyundul bola kiriman Antoine Griezmann dan menjebol gawang Thibaut Courtois.

Tiga menit berselang, Prancis hampir saja menambah keunggulan. Sayang aksi backheel cerdik Mbappe gagal dimanfaatkan Giroud menjadi gol.

Tertinggal satu gol, pelatih Belgia, Roberto Martinez berupaya meningkatkan intensitas serangan timnya dengan memasukkan Dries Mertens dan Yannick Carrasco.

Axel Witsel memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan di menit ke-81. Sayang tembakannya masih bisa diblok Lloris.

Memasuki masa injury, Prancis mendapat beberapa kesempatan untuk menyudahi pertandingan. Sayang peluang Griezmann dan Corentin Tolisso belum mampu berbuah gol. Skor 1-0 untuk kemenangan Prancis menjadi laga ini.

Berkat kemenangan ini, Prancis berhak melaju ke partai final untuk menantang pemenang laga antara Kroasia versus Inggris. Partai puncak akan digelar di Luzhniki Stadium, Moskow pada Minggu (15/7) mendatang.

Susunan Pemain

Prancis: Lloris, Pavard, Varane, Umtiti, Hernandez, Kante, Pogba, Matuidi (Tolisso 86'), Mbappe, Griezmann, Giroud (Nzonzi 85').

Belgia: Courtois, Alderweireld, Kompany, Vertonghen, Dembele (Mertens 60'), Fellaini (Carrasco 80'), Witsel, Chadli (Batshuayi 90'), De Bruyne, E. Hazard, Lukaku.

Editor: Aurelia A.


Berita Terkait

Komentar